Riyan Handrianto, 11113053098 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 METRO TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (427Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (403Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV A SD Negeri 1 Metro Timur, dari 25 orang siswa yang ada di kelas 1V A, hanya 40% yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV A SD Negeri 1 Metro Timur melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered head together dengan menggunakan media realia. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri 1 Metro Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas siklus I adalah 75,55 kategori cukup aktif, meningkat 1,56 menjadi 77,11 pada siklus II kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 78 kategori baik, meningkat 2,4 menjadi 80,4 kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I adalah72% kategori tinggi, kemudian meningkat 16 % menjadi 88% pada siklus II kategori sangat tinggi. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar dan numbered head together, media realia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 254226 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 07 Jul 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10774 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |