1013109135, Rita (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 5 CIPADANG KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (250Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Depan(RITA).pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ISI.pdf Download (530Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran IPA di kelas V SDN 5 Cipadang, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (<60). Persentase siswa yang tuntas belajar <85%. Oleh karena itu peneliti menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 58,9%, meningkat menjadi 84,5% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 63,8, meningkat menjadi 70,1 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66,7% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 91,7% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model STAD dalam pembelajaran khususnya IPA. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 03:44 |
Terakhir diubah: | 14 Aug 2015 03:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11599 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |