Made Sunadi, MADE TOPAN ARI P (2014) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP MOTIVASI DAN PENGUASAN KONSEP BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (573Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (65Mb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (63Mb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (573Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (461Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (336Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (788Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2133Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA Fisika di SMP N I Way Jepara, diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbatas pada menjelaskan materi, memberi contoh soal, dan latihan. Sehingga proses pembelajaran berjalan kurang maksimal. Guru kurang membiasakan siswanya untuk mendiskusikan berbagai fenomena dalam keseharian yang berkaitan dengan materi pelajaran. Adapun solusi yang dapat dilaksanakan untuk menyikapi permasalahan yang berhubungan dengan pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa yaitu dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar siswa melalui model PBL; (2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar siswa melalui model PBL. Penelitian ini dilakukan di SMP N1 Way Jepara, menggunakan satu kelas yaitu kelasVIIIB dengan jumlah sampel 32 siswa dan menggunakan desain one-shot case study. Pada penelitian ini diperoleh data keterampilan metakognisi, data motivasi belajar dan penguasaan konsep belajar siswa yang berdistribusi normal. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji Made Topan Ari P korelasi, dan regresi linear sederhana antara data keterampilan metakognisi, motivasi, dan penguasaan konsep. Hasil analisis data dalam bentuk persamaan regresinya: (1) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar Y = 43,18 + 0,48X; (2) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar Y = 43,90+ 0,43X. Sehingga diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model PBL sebesar 41%; (2) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar siswa menggunakan model PBLsebesar 19%. Kata kunci: keterampilan metakognisi, motivasi belajar, penguasaan konsep belajar, model PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:34 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |