Soekarno, Nurul Mar’ati (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIERVEMENT DIVISIONS) DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 1 KEDONDONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (268Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1564Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tecapainya tujuan pembelajaran yang baik dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, memerlukan usaha terciptanya interaksi yang baik pula antara guru yang mengajar dan peserta didik (murid) yang belajar. Kemampuan guru dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, guru hendaknya menggunakan metode ataupun model pembelajaran yang tepat supaya memudahkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan metode pembelajaran juga salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar, dengan metode yang tepat secara otomatis akan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Sehingga kedua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang lebih tepat dan menarik, siswa dapat belajar secara kooperatif, dapat bertanya meskipun tidak pada guru secara langsung, dan mengemukakan pendapat. Salah satu upaya untuk meningkatakan hasil belajar Siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kedondong dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I sebesar 55.71%, siklus II sebesar 69.99% dan siklus III sebesar 85,23%. 2. Pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kedondong dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 48.57% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 74.28% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 80%.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 04:53 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 04:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |