PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGGAMUS TAHUN AJARAN 2014/2015

Nur Apriadi, 0743033030 (2015) PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGGAMUS TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (325Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4004b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4063b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (196Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media pembelajaran merupakan hal yang yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaiakan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaiakan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Media Visual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Media Visual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berusaha membut deskripsi atau gambaran dari fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian. Penelitian ini termasuk quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang berarti pemilihan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dipilih menurut pertimbangan ahli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo yang terdiri dari 6 kelas, yang menjadi sampelnya hanya 2 kelas yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, uji materi pelajaran berbentuk pilihan ganda serta dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah media visual mempunyai tingkat pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71,04 sedangkan kelas X.5 sebagai kelas kontrol dengan nilai 64,42. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2014/2015 sebesar 6,62%. Kata kunci : media pembelajaran, media visual, dan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 8906868 . Digilib
Date Deposited: 27 Jan 2016 08:03
Terakhir diubah: 27 Jan 2016 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir