0813024045, Rindi Antika Saimona (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MA Nurul Ulum Kotagajah Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER sarjana.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Hal. Persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Hal. Pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. sanwacana.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar isi.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1310Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (99Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan agar siswa terbiasa berpikir untuk mengungkapkan gagasan yang baru atau menciptakan sesuatu hal yang baru dan orisinal. Namun, berdasarkan hasil observasi di MA Nurul Ulum Kotagajah, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa belum dikembangkan secara optimal khususnya pada materi pokok Keanekaragaman Hayati. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa Rindi Antika Saimona kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen (72,85) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (55,08). Ratarata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada semua indikator yang diamati pada kelas eskperimen (66,25%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (48,22%). Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen (81,65%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (71,15%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI pada materi pokok Keanekaragaman Hayati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Media kartu bergambar, model pembelajaran TAI, kemampuan berpikir kreatif, Keanekaragaman Hayati.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:56 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20843 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |