Siti Marfuatun, 0913033017 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 PERSETUJUAN.pdf Download (1146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf Download (1072Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTO.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11..DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (255Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penggunaan model pembelajaran time token merupakan salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Pada pembelajaran time token peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan bersosialisasi dengan menggunakan kupon bicara, sehingga pembelajaran tidak membosankan dan dapat melatih rasa percaya diri pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran time token dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2013-2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap peningkatan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Seputih Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen quasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Seputih Mataram. Sampel penelitian adalah kelas XA yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif meliputi 8 komponen aktivitas: 1) mendengarkan, melihat, membaca, berpikir dan mencatat, 2) bersoal-jawab, 3) mengerjakan soal latihan atau tugas-tugas, 4) mendiskusikan masalah dan merangkum hasil pembicaraan, 5) membuat ikhtisar uraian sejarah dalam bahasa sendiri, 6) latihan membuat analisa dan sintesis peristiwa sejarah, 7) membuat tafsir (interpretasi) dan rekonstruksi sejarah, 8) menemukan makna afektif dari pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi aktivitas, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model time token meingkatkan aktivitas siswa belajar sejarah. Namun, dari 8 aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dengan kategopri baik sekali hanya aktivitas tertentu, seperti aktivitas siswa mendengar, melihat, membaca, berpikir dan mencata dengan persentase pertemuan III sebesar 100%, aktivitas siswa mengerjakan soal latihan sebesar 100% dan aktivitas siswa mendiskusikan masalah dan merangkum pembicaraan mencapai 88.89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran time token dapat meningkatkan aktivitas siswa belajar sejarah pada kelas Xa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 01:46 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2014 01:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3323 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |