MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 TANJUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Salamo, Badriyah (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 TANJUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (179Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1730Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 2 Tanjung Sari kualitas aktivitas dan hasil belajar matematika kelas IV masih di bawah KKM. Penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan matematika realistik dalam usaha meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika digunakan tes tertulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 (70.1%) menjadi (74,6%) pada akhir siklus 2. Sedang peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rerata (66,5) menjadi (72,2) pada akhir siklus 2. Kata kunci: pendekatan matematika realistik, aktivitas, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:01
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir