EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Shindi Karina Putri, 1113031065 (2014) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
01. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
02. COVER DALAM.PDF

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
03. PERSETUJUAN.PDF

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
04. PENGESAHAN.PDF

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
05. SURAT PERNYATAAN.PDF

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
06. RIWAYAT HIDUP.PDF

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
07. PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
08. MOTTO.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
09. SANWANCANA.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
11. BAB I.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
12. BAB II.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img] FIle PDF
14. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (568Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
15. BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Time Token dan STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. adalah Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Time Token dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Fhitung sebesar 26,136 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 2. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien thitung sebesar 10,293 > ttabel 2,12 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 3. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien thitung sebesar -4,126 > ttabel -2,12 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 4. terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu terhadap keterampilan sosial pada siswa, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Fhitung sebesar 110,118 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Kata Kunci: keterampilan sosial, sikap terhadap mata pelajaran ips terpadu, stad, time token.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 5966476 . Digilib
Date Deposited: 27 Feb 2015 04:15
Terakhir diubah: 27 Feb 2015 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7433

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir