PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMPN 22 BANDAR LAMPUNG

Nabilla Vidia, Sobach (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMPN 22 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1222Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1189Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul digital interaktif di kelas IX SMPN 22 Bandar Lampung pada materi pokok bioteknologi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling, kelas IX 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 8 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment), data penelitian didapatkan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk melihat adanya peningkatan kemampuan literasi sains di kelas eksperimen dan kontrol, sedangkan penggunaan angket di kelas eksperimen digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul digital interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL berbantuan modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains antara kelas kontrol dan eksperimen pada materi pokok bioteknologi di SMPN 22 Bandar Lampung dengan nilai signifikansi uji independent sample t-test 0,001. Peningkatan kemampuan literasi sains di kelas eksperimen diuji menggunakan uji normalized-gain dengan hasil 0,56 dan dapat dikategorikan sedang. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap modul digital interaktif diperoleh rata-rata persentase 89% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, model PjBL berbantuan modul digital interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi sains pada materi bioteknologi di SMPN 22 Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301432078 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:53
Terakhir diubah: 22 Aug 2023 09:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75141

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir