Yuli Dwi Purnama, 1113053121 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 6 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (888Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 6 METRO BARAT Oleh YULI DWI PURNAMA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 6 Metro Barat pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang rendah ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa yang hanya mencapai 34,48%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran simulasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai aktivitas siswa, kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas belajar siklus I 67,2, siklus II 78,0, meningkat 10,8. Ketuntasan aktivitas klasikal siklus I 67,8% dengan kategori aktif, siklus II sebesar 82,7% dengan kategori sangat aktif, meningkat 14,9%. Hasil belajar siklus I 70,3, siklus II 76,4, meningkat 6,1. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 68,9%, siklus II 82,7% dengan peningkatan 13,8%. Penerapan model pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran simulasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7784034 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:49 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2015 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8721 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |