EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT (STUDI PERBANDINGAN ANTARA BIRO JASA & JALUR RESMI DI BANDAR LAMPUNG)

prinsisiliani, 1326021018 (2015) EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT (STUDI PERBANDINGAN ANTARA BIRO JASA & JALUR RESMI DI BANDAR LAMPUNG). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (479Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (716Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (77Kb)
[img] FIle PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (473Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB VI.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar pustaka.pdf

Download (122Kb) | Preview

Abstrak

abstrak Efektivitas merupakan salah satu dimensi dari produktivitas, yaitu mengarah kepada pencapaian unjuk kerja yang maksimal. Pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas, dan waktu. Pelayanan publik yang berhubungan langsung dengan pelanggan atau masyarakat adalah Samsat yang bertugas melayani masyarakat dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Keberadaan biro jasa menjadi bagian solusi untuk yang tidak mempunyai waktu. Dibandingkan menggunakan jalur resmi yang lebih banyak memakan waktu dikarenakan harus mengantri. Sehingga pelayanan jalur resmi terkesan lambat akibatnya wajib pajak lebih memilih menggunakan biro jasa untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas pelayanan samsat (studi perbandingan antara biro jasa dan jalur resmi di Bandar Lampung). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pelayanan pada biro jasa lebih efektif dibandingkan dengan pelayanan pada jalur resmi. Dengan jumlah perbedaan rata-rata 0,28. Perbedaan ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan jalur resmi saat ini sudah cukup baik. Hanya saja, kualitas pelayanan biro jasa lebih menciptakan suatu fakta positif dari pelanggan dan menghasilkan suatu kepuasan serta loyalitas pelanggan. Sedangkan jalur resmi hanya mengutamakan prosedur kepada wajib pajak dengan mengenyampingkan kualitas pelayanan dari segi empati yang penting wajib pajak bayar pajak. Kata kunci : efektivitas, pelayanan, samsat, biro jasa abstract Effectiveness is one of dimensions of productivity, which leads the achievement to the maximum work performance. The targets of achievement are related to the quality, quantity, and time. Public services directly related with customers or the public is samsat which serves motor vehicle tax payment system. The existence of a service bureau to be part of a solution that does not have time. It compared to the using of official channels that more time consuming due to queuing. So the official line service seems slow and as the result, taxpayers prefer to use a service bureau to pay their motor vehicle tax. The purpose of this research is to know about the effectiveness difference of samsat services (a comparative study between the service bureaus and the official line system of Samsat Bandar Lampung). The research uses descriptive survey method with quantitative approach. The data collection techniques are questionnaires, interviews and documentations. The research shows that effectiveness of the service bureaus more effective than the service at the official line system with the average 0, 28. This difference indicates that the service at official line quality system is pretty good. However, the quality of service bureau services create positive fact to the customers and generate satisfaction and customer’s loyalty. While the using of official line system only prioritized procedures to taxpayers, waiving the quality of service in terms of empathy with the most important thing is the taxpayers pay their taxes. Keywords: effectiveness, services, samsat, service bureaus

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > J General legislative and executive papers
> JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2771816 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2015 08:46
Terakhir diubah: 03 Nov 2016 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir