Lasimin , Nanik Susanti Pravitasari (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (452Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (349Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2489Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran pro- blem solving disertai media animasi pada materi larutan non-eletrolit dan elektrolit da- lam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Popu- lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diper- oleh kelas X 3 dan X 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks- perimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan rata-rata n-Gain dan uji perbedaan dua rata-rata, yakni uji t untuk keterampilan me- nyimpulkan dan uji t’ untuk penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,37 dan 0,43; dan rata-rata n- Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut ada- lah 0,19 dan 0,27. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh bahwa siswa di kelas yang dite- rapkan pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bah- wa pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, media animasi, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 04:25 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2014 04:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |