EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP

Lasimin , Nanik Susanti Pravitasari (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (452Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2489Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran pro- blem solving disertai media animasi pada materi larutan non-eletrolit dan elektrolit da- lam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Popu- lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diper- oleh kelas X 3 dan X 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks- perimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan rata-rata n-Gain dan uji perbedaan dua rata-rata, yakni uji t untuk keterampilan me- nyimpulkan dan uji t’ untuk penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,37 dan 0,43; dan rata-rata n- Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut ada- lah 0,19 dan 0,27. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh bahwa siswa di kelas yang dite- rapkan pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bah- wa pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, media animasi, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep,

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2014 04:25
Last Modified: 12 Feb 2014 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item