MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR I PA MELALUI PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KELAS V SD KRISTEN 1 METRO

0913099003, Buntaran Wuryadi (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR I PA MELALUI PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KELAS V SD KRISTEN 1 METRO. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR KERJA SISWA.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (642Kb)
[img]
Preview
File PDF
lembar observasi APKG.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (1145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGUMUMAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PTK Siap ujian.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA1.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SAMPUL.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu kelemahan pembelajaran IPA selama ini adalah hasil belajar yang kurang. Seperti permasalahan yang ada di SD Kristen 1 Metro yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang terlihat dari nilai rata-rata kelas masih dibawah standar KKM, dari 22 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajarnya baru 8 orang siswa atau 36,36% serta guru banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012 Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, dan tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dianalisis dengan tehnik deskriptif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil observer yang semula nilai aktivitas siswa 1,71 dengan kategori cukup pada siklus 1, meningkat menjadi 3,21 dengan kategori baik pada siklus 2. Begitujuga dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa yang sebelumnya terendah 60 pada siklus 1 menjadi 75 pada siklus 2, dan hasil nilai rata-rata 65,37 pada siklus 1 meningkat menjadi 77,11 pada siklus 2, serta persentase siswa yang tidak mencapai KKM menjadi lebih kecil yang semula 45,45% menjadi keseluruhan mencapai KKM. Dengan demikian maka model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:07
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir