PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PELAJARAN IPA KELAS IV A SDN 2 SUMUR BATU TELUK BETUNG UTARA

Hasan Adrai, YULIAWATI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PELAJARAN IPA KELAS IV A SDN 2 SUMUR BATU TELUK BETUNG UTARA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (208Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (370Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1720Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A mata pelajaran IPA di SDN 2 Sumur Batu. Perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type student teams achievement division (STAD), dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV A. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa pada siklus I adalah 50,69%, pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Hasil pembelajaran pada siklus I terdapat 14 orang siswa (51,85%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (88,89%), dengan KKM 60. Pembelajaran dengan model cooperative learning type STAD menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model cooperative learning type STAD, aktivitas siswa, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:18
Terakhir diubah: 11 Jan 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir