PENGARUH PERUBAHAN LOGO TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Persepsi Konsumen PT Pertamina (Persero) di Bandar Lampung)

Darussalim, Yulida Sari (2013) PENGARUH PERUBAHAN LOGO TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Persepsi Konsumen PT Pertamina (Persero) di Bandar Lampung). Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (474Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (445Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (731Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (308Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (320Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (428Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1120Kb)

Abstrak

Dalam era globalisasi saat ini, persaingan dalam dunia usaha dan bisnis terjadi sangat ketat, baik persaingan dalam industri jasa maupun produk seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi. Menghadapi persaingan tersebut, setiap perusahaan memiliki strategi tersendiri agar tetap unggul, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan cara mengubah merek pada perusahaan. Masalah yang dihadapi adalah persaingan bisnis semakin ketat, walaupun saat ini di Lampung, Pertamina masih unggul dari pesaingnya seperti Shell dan Petronas tidak menutup kemungkinan kedua SPBU asing ini bisa mendapat perhatian lebih dari konsumen sehingga Pertamina melakukan perubahan logo diharapkan dapat mengubah citra perusahaan di mata konsumen, namun dalam wawancara langsung kepada konsumen Pertamina, mereka mengatakan bahwa perubahan logo baru pada Pertamina tidak berpengaruh terhadap citra perusahaannya Oleh karena itu dalam permasalahan ini adalah apakah perubahan logo yang dilakukan pertamina mempunyai dampak positif terhadap citra perusahaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan logo terhadap citra perusahaan pada PT Pertamina di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah“Perubahan logo berpengaruh terhadap citra perusahaan pada PT Pertamina di Bandar Lampung”. Metode Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian survei dengan analisis kualitatif dan kuantitatif melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen PT Pertamina di Bandar Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan non- probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak seratus orang. Setelah itu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan alat analisis regresi binary logistic maka hipotesis yang menyatakan bahwa perubahan logo berpengaruh terhadap citra perusahaan pada PT Pertamina di Bandar Lampung. Dari hasil analisis diperoleh bahwa variabel X (perubahan logo) mempengaruhivariabel Y (citra perusahaan )sebesar 62,6%. Variabel bentuk adalah pengaruh terbesar berdasarkan analisis kuantitatif dan kualitatif.Perhitungan pengaruh tipografi memberikan kontribusi terendah terhadap citra perusahaan. sehingga disarankan sebaiknya tipografi pada logo PT Pertamina (Persero) lebih memiliki nilai seni sehingga menarik perhatian masyarakat.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:32
Last Modified: 03 Feb 2014 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item