0813024028, Evriana Darmayanti (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang Cermin Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER Sarjana.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Hal. Persetujuan.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Hal. Pengesahan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. sanwacana.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar isi.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (854Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (112Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Padang Cermin, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa belum dikembangkan secara optimal. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan menggunakan media kartu bergambar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang lebih tinggi antara pembelajaran yang menggunakan media kartu bergambar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan diskusi dan gambar; (3) mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa; dan (4) Evriana Darmayanti mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model kooperatif tipe STAD. Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan siswa kelas X2 yang diambil dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data kemampuan berpikir kreatif siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Data kualitatif berupa data aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen yaitu 66,30 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 55,23; (3) rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,43 dibandingkan kelas kontrol yaitu 70,58; dan (4) sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap media kartu bergambar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok Keanekaragaman Hayati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Media kartu bergambar, STAD, kemampuan berpikir kreatif, Keanekaragaman Hayati
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:56 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20838 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |