I Gusti Putu Indra Wirawan, 1118011058 (2015) PERBEDAAN RERATA SKOR SELF-DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) ANTARA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DAN TAHUN KETIGA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (271Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (482Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (426Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (381Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (31Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Sistem pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung menggunakan metode Problem Based Learning (PBL), dimana mahasiswa belajar dari masalah yang sering terjadi di dunia kerja. Sistem pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menuntut mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Self-Directed Learning Readiness adalah kesiapan seseorang untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui perbedaan skor SDLR antara mahasiswa tahun pertama dan tahun ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional pada mahasiswa tahun pertama (angkatan 2014) yang berjumlah 233 orang dan mahasiswa tahun ketiga (angkatan 2012) yang berjumlah 168 orang di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah kuisioner Self-Directed Learning Readiness yang dimodifikasi oleh Zulharman (hasil uji reliabilitas sebesar 0,90). Hasil penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama memiliki rata-rata skor SDLR sebesar 136,84 dan mahasiswa tahun ketiga memiliki rata-rata skor SDLR sebesar 134,48. Setelah dilakukan uji statistik, hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang bermakna antara rata-rata skor SDLR mahasiswa tahun pertama dan tahun ketiga. Kata Kunci: problem based learning, self-directed learning readiness, mahasiswa kedokteran, universitas lampung ABSTRACT Learning system at the Faculty of Medicine University of Lampung used Problem Based Learning (PBL), where students learn from problems that often occur in the workplace. Problem Based Learning (PBL) system require students to learn independently. Self-Directed Learning Readiness is a person's readiness to learn independently. This research has a goal to knowing SDLR score difference between the first-year and the third year students of the Faculty of Medicine University of Lampung 2014/2015. This study uses an analytical study with cross sectional approach in 233 first year students (class of 2014) and 168 third year students (class of 2012) in Medical Faculty in University of Lampung 2014/2015. The instruments that used in this study is a Self-Directed Learning Readiness questionnaire that modified by Zulharman (result of reliability test is 0,90). The average SDLR score is 136,84 for the first year students and 134,48 for third year students. After statistical tests, the results of this study showed a significant difference between the average SDLR scores of students first year and third year. Keyword: problem based learning, self-directed learning readiness, medical student, university of lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > R Medicine (General) |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 6726343 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 02:53 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2015 04:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7238 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |