PENERAPAN MODEL CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) GUNA MENINGKATKAN ATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV C SD XAVERIUS METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011-2012

0913099027, SAMIDI (2012) PENERAPAN MODEL CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) GUNA MENINGKATKAN ATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV C SD XAVERIUS METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Aktivitas proses kegiatan belajar mengajar Siklus I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (208Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Jadi depan.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Jusdul atas & daftar isi jadi satu.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PROPOSAL PENELITIAN 2011.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PROPOSAL tengah jadi dua.pdf

Download (262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Xaverius Metro Pusat pada mata pelajaran IPS. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas adalah dengan menggunakan model Contectual Teaching and Learning (CTL) karena model Contectual Teaching and Learning (CTL) dianggap tepat untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS kelas IV C SD Xaverius Metro Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai-nilai siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik nontes dilakukan melalui observasi aktivitas belajar siswa dan kinerja guru secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Contectual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari aktivitas persiklus yaitu aktivitas belajar siklus 1, 70,23% siklus 2 menjadi 89,28% meningkat 19,05%. Hasil belajar siswa pada siklus 1, 70,4 siklus 2 menjadi 75,8 meningkat 5,4. Sedangkan hasil kinerja guru siklus 1, 78,33% siklus 2 menjadi 95,0% meningkat 16,67%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir