MARLINA ZULKARNAIN, 1013043037 (2014) LEARNING THROUGH BEDANA DANCE AUDIO VISUAL MEDIA IN CLASS X1 SENIOR HIGH SCHOOL 4 METRO PEMBELAJARAN TARI BEDANA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 4 METRO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (759Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (312Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1057Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
This study aimed to describe the use of audio visual media and student learning outcomes on student learning in bedana dance class X.1 at high school student on 4 Metro. The metode used is descriptive qualitative study using the theory, namely instructional media, and audio visual media, source of data in this study is Culture and art teacher grade student who follow the yeaching bedana dance X.1 totaling 22 people. Data collection techniques used conducted on teacher learning culture art audio visual media is learning to use the element of sound and image elements such as video recording. Learning bedana dance through audio visual media begins to give material about bedana dance to student so that the student know more clearly about the bedana dance, furthermore view video bedana dance is a dance presentation complete with music, cosmotology, and clothing, by explaining that there is on the video students so that they understand. And then students try to practice, the next step student practice in pairs according to the bedana dance video. Students must memorize the wholemovement on the dance bedana correctly and accordance with the musical accompainment. Assessment is provided trough 3 (third) aspects, wirasa, memorizing the sequence of motion, and precision motion with music. It also conducted an assassment of student learning activities at each meeting. Bedana dance learning outcoms by using audio visual media show that the average assessment of all aspects of dance bedana got sufficient criteria with an average 65. Keayword : audio visual media, bedana dance lessons, asseddment. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari bedana pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 4 Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori yaitu pembelajaran, media pembelajaran, dan media audio visual. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas X.1 yang mengikuti pembelajaran tari bedana yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi yang berupa foto dan video, wawancara dilakukan pada guru seni budaya. pembelajaran media audio visual merupakan pembelajaran yang menggunakan unsur suara, dan unsur gambar seperti rekaman video. Pembelajaran tari bedana melalui media audio visual dimulai dengan memberikan materi tentang tari bedana kepada siswa agar siswa mengetahui lebih jelas tentang tari bedana tersebut, selanjutnya menayangkan video tari bedana yakni video sajian tari lengkap dengan musik, tata rias, dan busana dengan menjelaskan yang terdapat pada video tersebut kepada siswa agar mereka memahaminya dengan jelas. Kemudian siswa mencoba mempraktikannya. Langkah selanjutnya siswa memperaktikan dengan berpasangan sesuai dengan video tari bedana tersebut. Siswa pun harus menghafalkan seluruh ragam gerak yang ada pada tari bedana dengan benar dan dengan sesuai dengan iringan musik. Penilaian diberikan melalui 3 aspek yaitu wirasa, hafalan urutan gerak, dan ketepatan gerak dengan musik selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. hasil pembelajaran tari bedana dengan menggunakan media audio visual menunjukan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari bedana mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 65. Kata Kunci : Media audio visual, pembelajaran tari bedana, penilaian.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:28 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4130 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |