ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN BPJS ASKES MEMILIH LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT Dr H ABDUL MOELOEK PROPINSI LAMPUNG

Bambang Hermanto, 1121011038 (2015) ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN BPJS ASKES MEMILIH LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT Dr H ABDUL MOELOEK PROPINSI LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrac.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Persetujuan.pdf

Download (350Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf

Download (336Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Surat Pernyataan.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moto.pdf

Download (3687b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Tabel.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (441Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (400Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (382Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia. Masyarakat yang sehat produktivitas masyarakat akan meningkat yang pada gilirannya nanti,akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam percaturan dunia. Data yang didapatkan rata-rata jumlah pasien BPJS ASKES yang berobat ke Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek menurun dari Tahun 2012 sebanyak 91.187 pasien, dan tahun 2013 berjumlah 86.049 sehingga terjadi penurunan 5,63 %. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Mutu pelayanan terhadap Keputusan Pasien BPJS ASKES memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek Propinsi Lampung. Metode pengumpulan data untuk menguji hipotesis menggunakan angket yang ditujukan kepada 100 responden. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian secara parsial analisis regresi didapatkan hasil bahwa pengaruh masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat yang dapat ditentukan oleh angka tingkat kesignifikanannya (p-value/sig.) yang secara berurutan sebagai berikut: responsiveness 0,000, preference 0,019, tangible 0,037, assurance 0,020 , empathy 0,045 dan reliability 0,159. Pada tingkat kepercayaan 95% % dapat dinyatakan bahwa secara parsial atau sendiri-sendiri maka variabel responsiveness, preference, tangible, assurance, empathy berpengaruh positif terhadap Keputusn Pasien BPJS ASKES memilih layanan kresehatan di Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek Propinsi Lampung, sedangkan variabel reliability tidak berpengaruh positif. Berdasarkan pengujian secara simultan dalam analisis regresi didapatkan hasil nilai F hitung sebesar 11,529 dengan signifikansi F sebesar 0,000, karena nilai signifikansi F < taraf nyata (α=5%) maka Ho ditolak dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) antara Mutu Pelayanan dengan Keputusan Pasien BPJS ASKES Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek Propinsi Lampung. Faktor mutu pelayanan yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pasien BPJS ASKES memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek adalah faktor preference dimana berdasarkan analisis regresi didapatkan hasil p/value sig. = 0,019 dan Beta = 0,112 dan berdasarkan analisis deskripsi nilai rata-rata / modus sebesar 5. Indikator yang paling tinggi responden menjawab sangat setuju adalah mengenai tarif terjangkau yaitu 80 responden. Faktor mutu pelayanan yang mendapatkan respon kurang memuaskan adalah faktor reliability dimana berdasarkan penghitungan analisis regresi tingkat kesignifikanannya (p-value/sig.) dan koefisien regresi (Beta) adalah 0,159 dan Beta = -0,054, sedangkan berdasarkan analisis deskriptif nilai rata-rata / modus sebesar 3. Indikator pada mutu pelayanan reliability yang mendapat respon kurang baik adalah mengenai ketepatan jadwal pelayanan. Variabel keputusan untuk memilih layanan kesehatan berdasarkan analisis deskriptif hasilnya nilai rata-rata /modus sebesar 5, Dengan demikian dari hasil penelitian ini menegaskan bahwa pasien BPJS ASKES setelah mengetahui tentang mutu pelayanan yang ada, akan tetap memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek dan mempromosikan Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek kepada orang lain. Saran yang diajukan kepada Rumah Sakit Dr H Abdul Moeloek Propinsi Lampung terkait mutu pelayanan yaitu perbaikan sarana parkir, pengaturan jadwal pelayanan, pengurusan administrasi lebih efisien,waktu tunggu pelayanan dipercepat,petugas kesehatan harus tahu nama pasien. Bambang Hermanto ABSTRACT Health is an investment in human resources. A healthy society will increase the productivity of the community which in turn, will improve the competitiveness of Indonesia in the international arena. Data were obtained an average number of patients seeking treatment BPJS Askes Hospital Dr. H Abdul Moeloek decline of as much as 91 187 patients in 2012, and in 2013 amounted to 86 049 resulting in a decrease 5.63%. This study aims to analyze quality of service to Patient Decision selecting BPJS Askes health services at the Hospital Dr. H Abdul Moeloek Lampung. Methods of data collection to test the hypothesis using a questionnaire addressed to 100 respondents. The results based on the test results in partial regression analysis showed that the effect of each independent variable with the dependent variable that can be determined by the number kesignifikanannya level (p-value / sig.) That sequentially as follows: responsiveness 0,000, 0,019 preference, tangible 0,037 , 0,020 assurance, empathy and reliability 0.159 0.045. At the 95% confidence level% can be stated that the partial or individually, the variable responsiveness, preference, tangible, assurance, empathy positive effect on patient Keputusn BPJS Askes choose kresehatan services at the Hospital Dr. H Abdul Moeloek Lampung province, while the variable reliability is not a positive effect. Based on testing simultaneously in the regression analysis showed calculated F value of 11.529 with a significance of 0.000 F, because F significance value <significance level (α = 5%) then Ho is rejected and it can be stated that there is a significant effect (significant) between service quality Patients with Decision BPJS Choosing Health Insurance Health Services Hospital Dr. H Abdul Moeloek Lampung. Factors of service quality are the most dominant influence on patient decision BPJS Askes choose health care at the Hospital Dr. H Abdul Moeloek preference is a factor which is based on regression analysis showed p / value sig. = 0.019 and beta = 0.112 and based on the analysis of the description of the average value / mode of 5. The highest indicator of respondents answered strongly agree is about the affordable rates of 80 respondents. Factors that quality of service is less than satisfactory response reliability factor which is based on the calculation of the regression analysis kesignifikanannya level (p-value / sig.) And regression coefficient (Beta) is 0.159 and beta = -0.054, while the descriptive analysis based on the average value / mode 3. Indicators of the quality of service reliability that gets poor response was regarding the accuracy of the service schedule. Variables decision to choose health care services based on the results of descriptive analysis of average value / mode of 5, thus the results of this study confirms that patients BPJS Askes after finding out about the quality of existing services, will continue to choose health care services at the Hospital Dr. H Abdul Moeloek and promoting the Hospital Dr. H Abdul Moeloek to others. Suggestions submitted to the Hospital Dr. H Abdul Moeloek Lampung related quality of service is improved parking facilities, scheduling, administrative proceedings more efficient, expedited service waiting time, health workers must know the patient's name.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 7419850 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2015 07:12
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir